BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 24 November 2011

Tugas 8. Maintenance Komputer [no.1 - 5]

1. Cara Mendeteksi Komputer Kena Serangan Virus

Beberapa hari yang lalu komputer saya terkena sebuah virus (mungkin kurang tepat juga dibilang virus, karena setelah saya cek tidak ada kerusakan system yang terjadi). Prosesnya memiliki nama ” .exe”, proses ini membuat saya tidak bisa langsung mendouble-click hard-drive komputer saya, setelah saya coba scan menggunakan Kaspersky 7 dan PCMAV RC23 proses ini tidak dikenali sebagai virus maupun malware.
Langkah-langkah penanganan :

Hal pertama yang saya lakukan adalah men-cek Proses yang sedang berjalan di Task Manager, process apa yang kira2 menyebabkan saya tidak bisa melakukan double-click di harddisk saya.. Setelah saya cek, ternyata terdapat proses yang bernama ” .exe” dan bukan bawaan vendor tertentu. Ketika proses ini di-end-task, proses ini akan berhenti, namun saat komputer direstart, maka proses ini akan berjalan lagi. Asumsi saya : proses ini sudah menyimpan sebuah registry di Windows.
Langkah berikutnya, saya menggunakan program yang bernama ProcessMonitor dan ProcessExplorer. Dengan 2 program ini, saya mencari proses yang namanya sudah diketahui sebelumnya di ProcessExplorer/Process Monitor. Setelah proses tersebut ditemukan, maka saya cek properties-nya dia nyimpen sodara-sodaranya dimana aja. Dalam kasus saya, dia nyimpen sodara-sodaranya di “HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCur rentVersionRun” (registry windows - bisa diakses dengan mengetikkan regedit di run), system32, dan di Drive C:. Setelah saya mengetahui letak master copy virus, maka proses berikutnya adalah menghapus semua proses dan registry yang telah diketahui tersebut, antara lain dengan :

1.mematikan terlebih dahulu processnya (lewat process explorer/process monitor)
2.menghapus kode di registry
3.menghapus virus yang ada di master location..(biasanya di system32)

Nah, ternyata terdapat masalah lagi saat saya ingin menghapus master copy yang terletak di system32. Saya tidak bisa menemukan master copy yang terletak di system32, maka saya coba langkah berikutnya, dengan membuka Tools>Folder Options>trus ke Tab View, dan centang Hide Extensions for known file types + Hide protected operating system filesnya dinonaktifkan sementara serta centang Show hidden files and folder diaktifkan. Akhirnya saya bisa menemukan copy dari virus ini, maka saya hapus, namun sebelumnya saya compress terlebih dulu (dan diberi password tentunya) untuk kemudian dikirimkan ke perusahaan antivirus

Sumber : Silahkan klik disini !!



2. Cara Menyecan Virus


      1. Scan PC menggunakan antivirus kita,
          - Update antivirus kita
          - Disable fungsi System Restore Windows
          - Restart, masuk safe mode.
          - Scan komputer kita melalui safe mode
          - Setelah selesai, restart, dan jangan lupa aktifkan kembali fungsi System Restore Windows

      2. Scan PC kita menggunakan antivirus online.
          - Disable fungsi System Restore Windows
          - Restart, masuk Safe Mode With Networking (agar kita tetap bisa akses inet didalam safe mode)
          - Scan menggunakan antivirus online, misalnya: http://security.symantec.com/ (rata2x antivirus online hanya support browser Internet explorer)
          - Setelah selesai, restart, dan jangan lupa aktifkan kembali fungsi System Restore Windows

      3. Memeriksa secara manual
          - Ctrl + Alt + Del (task manager)
          - Pada task manager lihat aktivitas mencurigakan dari file2x yang bekerja di background (biasanya berekstensi .dll atau .exe)
          - Jika ditemukan, tandai dan cari informasi dimana letak file “tersangka” ini
          - Jika sudah didapat, restart, masuk ke Safe Mode.
          - Dari safemode hapus file mencurigakan tadi

      4. Memeriksa Startup Manager
          - Start -> Run -> msconfig
          - Pada jendela msconfig kita periksa, file startup mana yang terlihat janggal, disable saja, kalau perlu dihapus (gunakan metode no. 3)

     5. Memeriksa System Registry kita
            Cara ini yang paling melelahkan, meskipun ada softwarenya, namun jika kita salah menggunakan, bisa fatal akibatnya bagi kestabilan system.



3. Cara Menangani Virus

Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan Perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri



4. Cara Menangani Virus Lokal

     1.aktifkan fungsi dari sistem restore yang ada pada windows (karena kalau gak diaktifkan gak bakalan bisa tuch step selanjutnya) trus aktifin sistem restore di drive C,atau D,E ataupun semuanya… kalau rekomendasi sich drive c aja sudah cukup… tapi klo yang paling aman sich semuanya, tetapi opsi ini bisa merestore ke kondisi sebelum terkena virus sehingga semua program anda yang telah anda instal pada Hd drive akan kembali ke sebelum terkena virus. pokoknya setelah di restore semua setting Operating sistem akan kembali ke kondisi tanggal sistem restore check point yang dipilih.
     2.dengan anggapan sistem restore telah dihhidupkan dan di set secara benar juga anda RAJIN membuat sistem restore check point maka ketika anda menyadari sistem anda terkena virus lokal (lokal only lom pernah coba untuk virus import) maka tinggal restore tuch sistem ke sebelum kena virus hmm.. untuk tanggalnya tinggal di kira kira aja koq.
     3. cara ini sudah saya pake dalam waktu yang lama dan sudah beberapa kali di coba… dan tidak pernah mengalami kegagalan sekalipun…. untuk tahap yang belum parah (baru saja terkena misalnya), berhasil untuk sistem yang sudah cukup parah…. namun cara ini hanya direkomendasikan untuk mengatasi virus virus lokal saja…



5. Cara Menangani Virus Asing

Caranya adalah dengan mendownload Antivirus Asing juga untuk melawannya. seperti Norton Antivirus maupun Avira AntiVir Personal.

0 komentar: